PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Suatu bentuk self-reflective enquiry yang dilakukan oleh partisipan (misalnya, guru, siswa atau kepala sekolah) di dalam situasi sosial (dalam hal ini pendidikan) untuk memperbaiki, memahami dan melaksanakan praktek pembelajaran/layanan BK (Carr and Kemmis, 1986).
Fokus utama penelitian tindakan dalam kelas dan sekolah adalah mendorong guru untuk terlibat dalam proses perbaikan praktek pembelajaran/layanan BK, dan menempatkan dirinya sebagai peneliti.
TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pengembangan Staf
Membaiknya Praktek Pembelajaran/Layanan Bk Di Sekolah
Partisipasi Guru/Konselor Dalam Penelitian Tindakan Dan Isu-Isu Berkenaan Dengan Kepentingan Layanan BK yang mendesak
Modifikasi Dan Elaborasi Teori Mengajar Dan Belajar/ Teori Bimbingan Dan Konseling
MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. Bagi guru
a. Memperbaiki praktek mengajar/layanan BK
b. Meningkatkan profesionalisme
c. Meningkatkan Hasil Belajar/Hasil Layanan BK
2. Bagi sekolah
a. Munculnya inovasi dalam proses pembelajaran/layanan BK
3. Bagi siswa
a. Menumbuhkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik
b. Memiliki minat dan kepuasan dalam proses pembelajaran/layanan BK