For Teachers and Pupils Future

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)



Suatu bentuk self-reflective enquiry yang dilakukan oleh partisipan (misalnya, guru, siswa atau kepala sekolah) di dalam situasi sosial (dalam hal ini pendidikan) untuk memperbaiki, memahami dan melaksanakan praktek pembelajaran/layanan BK (Carr and Kemmis, 1986).

Fokus utama penelitian tindakan dalam kelas dan sekolah adalah mendorong guru untuk terlibat dalam proses perbaikan praktek pembelajaran/layanan BK, dan menempatkan dirinya sebagai peneliti.

TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS




  1. Pengembangan Staf


  2. Membaiknya Praktek Pembelajaran/Layanan Bk Di Sekolah


  3. Partisipasi Guru/Konselor Dalam Penelitian Tindakan Dan Isu-Isu Berkenaan Dengan Kepentingan Layanan BK yang mendesak


  4. Modifikasi Dan Elaborasi Teori Mengajar Dan Belajar/ Teori Bimbingan Dan Konseling




MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. Bagi guru
     a. Memperbaiki praktek mengajar/layanan BK
     b. Meningkatkan profesionalisme
     c. Meningkatkan Hasil Belajar/Hasil Layanan BK
2. Bagi sekolah
     a. Munculnya inovasi dalam proses pembelajaran/layanan BK
3. Bagi siswa
     a. Menumbuhkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik
     b. Memiliki minat dan kepuasan dalam proses pembelajaran/layanan BK